Sabtu, 18 Februari 2017

NHW #4 –Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

NHW #4 ini layaknya tamparan bagi saya agar  terbangun dari mimpi yang selama ini saya susun dengan indah. Ya, sepertinya kali ini saya tidak usah panjang-panjang dalam berceloteh. Karena yang saya butuhkan kali ini adalah harus introspeksi, koreksi, memperbaiki atau menyesuaikan, lalu bergegas melakukan dengan sepenuh hati.
Baik, saya harus menilik kembali mulai dari NHW#1 hingga NHW#3.

A.  Mari kita lihat NHW#1, apakah samapi harri ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini?
NHW#1 adalah mencari jawaban ilmu apa yang akan saya tekuni di universitas kehidupan. Di NHW#1 ilmu yang saya pilih adalah ilmu tentang menjadi ibu teladan yang memiliki rumah baca/ perpustakaan. ya, dengan saya memiliki dan menghidupkan rumah baca, maka dengannya saya ibsa bergerak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dengan melibatkan anak sehingga saya bisa menjadi ibu teladan bagi anak saya.

B.  Mari kita lihat chekllist NHW#2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita?
Belajar konsisten melaksanakan checklist yang sudah saya buat di NHW#2. Disini saya menyadari betapa sulitnya untuk bisa konsisten dalam kebaikan. Tapi saya bersyukur bisa ada di kelas Matrikulasi ini sehingga lecutan semangat untuk “memantaskan diri” selalu ada untuk diri ini. Semoga ke depan bisa terlaksana semua dengan baik.

C.  Baca dan renungkan kembali NHW#3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksut Allah menciptakan kita di muka bumi ini?
Saya adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki satu putra. Selain sebagai ibu rumah tangga, saya memiliki tugas sebagai fasilitator PKH. Kegiatan saya banyak bersama ibu-ibu. Karena tugas Fasilitator PKH adalah mendampingi ibu-ibu yang tergolong tidak mampu untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah dan bisa mengelola keuangan bantuan tersebut untuk anaknya yang masih balita dan usia sekolah dengan baik. Bersama ibu-ibu dampingan saya, kami bisa saling berbagi ilmu yang kami punya.
Hal lain, Kecintaan saya dengan buku mengantarkan saya agar bisa mengoleksi buku sebanyak-banyaknya untuk bisa mendirikan Rumah Baca. Harapan saya, dengan adanya rumah baca, akan bisa menumbuhkan minat baca anak dan juga memberi kemudahan ibu-ibu yang membutuhkan buku baik buku tentang parenting ataupun buku lainnya sehingga kami bisa bermanfaat untuk masyarakat. Kegiatan yang saya buat di rumah baca saya laksanakan dengan melibatkan anak saya sehingga kami bisa sama-sama belajar.

Dari sini saya merasa menemukan visi dan misi dalam hidup, yaitu :
"menjadi ibu teladan bagi anak yang mampu meningkatkan minat baca anak-anak dan menyadarkan ibu-ibu tentang pentingnya pendidikan."

Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Fasilitator, pustakawan

D.  Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan visi dan misi hidup tersebut.
1. Ilmu seputar pengasuhan anak
2. Ilmu seputar pengelolaan rumah baca
3. Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

E.  Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan misi hidup.
Di tahun 2017 ini, dengan usia 29 saya akan memulai dari KM0. Adapun milestone saya adalah sebagai berikut :

1. 2017 menguasai ilmu pengasuhan anak
2. 2018 menguasai ilmu pengelolaan rumah baca
2019 menguasai ilmu tentang kemanfaatan 3. dan mampu bernbagi manfaat kepada banyak orang.

F.  Koreksi kembali checklist di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas.
Akan segera saya perbaiki, dan saat ini sdang proses menikmati pelaksanaan checklist yang sudah tersusun.

G.  Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Bismillah, dengan izin Allah semoga bisa.😊

Salam Ibu Profesional,

Nur Hasanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak di blog saya.. :-)