Sabtu, 04 Februari 2017

Indikator Profesionalisme Perempuan NHW #2

Bismillah. NHW #2 ini luar biasa. Membuat saya (sedikit banyak) kelabakan. Bagaimana tidak? Setelah memahami materi tentang tahap awal menjadi Ibu Profesional, Kebanggan Keluarga, maka tidak tanggung-tanggung kami diberi tugas belajar membuat “CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN” yang meliputi tiga hal.
Sebagai individu
Sebagai istri
Sebagai ibu
Saya benar kelabakan untuk mengerjakan ini. Bagaimana tidak? Dalam bayangan saya, professional adalah segala sesuatu yang perfect. Sedangkan saya? Sudah jelas, banyaklah kesalahan dan kekurangan saya. Tapi, saya tidak mau berfikiran jauh. Karena dalam membuat indicator di kelas #Matrikulasi Batch 3 ada kata kunci yang di singkat menjadi SMART (SPESIFIK, MEASURABLE, REALISTIC, dan TIMEBOND).
Sebelum saya menuliskan indicator, ada beberapa hal yang saya lakukan, yaitu sebagai berikut.
Indikator sebagai individu, jelas saya harus komunikasi dan kompromi dengan diri saya terlebih dahulu. Sekiranya apa yang akan saya tulis dan kedepan saya bisa melakukannya dengan baik.
Indikator sebagai istri, untuk yang satu ini jelas saya harus berkomunikasi dengan suami tersayang. Suami senang luar biasa dengan NHW #2 ini karena dengan ini suami bisa mengutarakan semua unek-uneknya. Ya, kata suami sih, saya sudah memenuhi standar sebagai seorang ibu yang baik. Tapi, sebagai seorang istri, masih banyak hal yang harus saya perbaiki. Suami saya juga mengatakan jika suami di rumah, bawaanya saya minta diperhatikan terus dan sepertinya saya gunakan sebagai alat “aji mumpung”. Satu hal lagi, terkadang saya marah tanpa sebab, dan itu menurut suami kedewasaan saya masih belum matang.
Sebagai ibu, berhubung anak saya masih kecil dan belum begitu paham jika diajak komunikasi tentang hal ini, maka saya ambil contoh ketika kami bermain bersama. Kadang, saya kebawa emosi jika si kecil rewel. Dan saat itu, si kecil akan bilang “ Bunda seng pinter” sembari mengelus alis yang hamper tertaut dikarenakan menahan emosi. Selain itu, saat saya akan berangkat kerja si kecil terkadang bilang “Ayi ikut” atau “Ibu tidak usah kerja”.
Nah, dari beberapa hal yang sudah saya tulis, maka saya akan menuliskan CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN yang (semoga) bisa saya jalan kan dengan baik dalam satu bulan ke depan dan seterusnya.
A.  Sebagai individu

1. Sholat di awal waktu
2. Melaksanakan sholat Dhuha dan dhuha 3. Sedekah dan menabung
4. One day One Juz
5. Tidak menunda pekerjaan
6. Semangat menambah ilmu dan wawasan
7. Berbakti kepada orang tua
8. Membaca dan menulis


B. sebagai istri
1. Patuh dan taat kepada suami
2. Tersenyum dan tampil cantik di depan suami
3. Memasak untuk suami dan keluarga
4. Mengatur keuangan
5. Membangun komunikasi yang baik
6. Sabar dan tidak marah tanpa sebab

C.  Sebagai ibu

1. Menjadi ibu yang sabar
2. Menyediakan waktu untuk anak saat tidak bekerja
3. Tidak mudah marah dan mengeluh
4. Mengajarkan nilai kebaikan
5. Mengajarkan sholat tepat waktu
6. Mengajarkan mengaji
7. Membaca buku dan bercerita setiap hari
8. Menjadi sahabat yang baik untuk anak



Alhamdulillah selesai sudah tugas NHW #2. Semoga indicator profesinalis ini tidak semata menjadi tulisan yang terabaikan. Semoga bisa menjadi acuan saya untuk bisa lebih baik ke depan.

Nur Hasanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak di blog saya.. :-)