Rabu, 23 Februari 2011

Go to Paninggaran- Pekalongan

lama ku tak buka Blog. maaf, bukannya ku melupakanmu blogger..
kini akupun kembali tuk menjamahmu, dan aku tertarik untuk menuliskan petualanganku di Paninggaran selama dua minggu. 
ok, sebelumnya harus ku kasih tahu terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan utamaku ke Paninggaran.
Sunggub ini akan menjadi liburan yang berkesan dan juga bermanfaat bagiku.

Selain untuk mengisi waktu libur, aku ke Paninggaran adalah untuk mengikuti penelitian yang diadakan oleh Jurusan Antropologi-FIB-UGM.

Penelitian ini sebenarnya merupakan kuliah lapangan jurusan Antropologi. 
namun, tidak ada larangan jika ada jurusan luar Antropologi yang ingin ikut penelitian tersebut. toh, penelitian itu juga terbuka untuk jurusan selain Antropologi.

tadinya saya bingung, haruskah ikut penelitian itu atau haruskah aku pulang kerumah untuk menghabiskan liburan selama kurang lebih satu bulan ini. 

lalu, kuputuskan aku mendaftar untuk ikut penelitian Lapangan tersebut.

Tema besar yang diusung oleh Jurusan Antropologi adalah " Potongan kota di Perdesaan". 

Maksudnya adalah, Desa Paninggaran adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Desa tersebut berada di Pekalongan bagian selatan dan juga berada di pegunungan. Untuk mencapai ke Paninggaran harus melewati hutan karet dan juga jalan yang berliku... Dan desa yang ada di pinggiran Pekalongan tersebut sudah mulai terpengaruh dengan budaya perkotaan, gaya hidupnyapun juga sudah mulai terpengaruh gaya perkotaan. 

Banyak juga jalannya yang sudah beraspal, meski tidak kalah banyak juga jalanan yang masih berbatuan dan juga becek gak bisa dilewati roda.

Bagaimana cerita selanjutnya????

Ikuti terus petualangan Cenung di Paninggaran.....


To be continued.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak di blog saya.. :-)